Syarat-syarat Pendaftaran Barcode:

A. Mengisi Formulir Pendaftaran
B. Menanda-tangani Perjanjian Pemakaian Nomor dan Keanggotaan oleh Direktur di atas meterai Rp. 6.000
C. Melengkapi Dokumen-dokumen Yang Diperlukan* sebagai berikut:

- Fotokopi SIUP
- Fotokopi NPWP(perusahaan/perorangan)
- Fotokopi surat keterangan pengusaha kena pajak (PKP)
- Fotokopi Akte pendirian perusahaan (dari notaris)
- Fotokopi TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
- Fotokopi KTP pimpinan perusahaan / penanggungjawab
- Surat Kuasa bagi orang yg diberi tanggungjawab untuk mengurus pendaftaran barcode
- Dan untuk produk makanan, minuman, kosmetik dan obat-obatan harus melampirkan izin depkes (SP/MD)

* Apabila ada surat-surat yang masih dalam proses, mohon dibuatkan surat keterangan dalam kop surat perusahaan bahwa izin-izin tersebut masih dalam proses pengurusan, agar proses pendaftaran dapat terus berjalan.


Persyaratan Khusus Untuk UKM
- Formulir Pendaftaran (dikirim ke pemohon setelah mengisi formulir di PengurusanBarcode.com, atau mengirimkan data-data perusahaan melalui e-mail pengurusanbarcode@gmail.com)
- Fotokopi IUI (Izin Usaha Industri)
- Fotokopi NPWP (perusahaan) bila ada / Surat Izin Usaha Non PKP
- Fotokopi Surat Keterangan Izin Domisili Usaha
- Fotokopi TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
- Fotokopi KTP
- Surat Kuasa
- Dan untuk produk makanan, minuman dan obat-obatan harus melampirkan izin depkes (P-IRT atau SP)

* Apabila ada surat-surat yang masih dalam proses, mohon dibuatkan surat keterangan dalam kop surat perusahaan bahwa izin-izin tersebut masih dalam proses pengurusan, agar proses pendaftaran dapat terus berjalan.


D. Melakukan Pembayaran dalam 2 (dua) Tahap:

- Tahap 1 (Handling Fee + Penunjukan Kuasa) dibayarkan saat order.

- Tahap 2 (Membership Registration, Annual Fee, Number Fee) dibayarkan setelah permohonan pendaftaran disetujui dan iuran Number Fee telah ditentukan berdasarkan klasifikasi/kategori besar kecil perusahaan anda. Anda akan mendapatkan Company Prefix atau Kunci Identifikasi Perusahaan yang menjadi dasar bagi anda dalam penomoran produk-produk anda.

Catatan: Permohonan anda tidak akan diproses dan Kunci Identifikasi Perusahaan tidak akan diberikan sebelum seluruh biaya dibayarkan.

Lama proses pendaftaran secara resmi adalah sekitar 14 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu/Libur) dari tanggal diterimanya kelengkapan dokumen dan pelunasan pembayaran seluruh biaya pendaftaran.




Setelah Mendaftar, Lalu Apa?

Setelah mendaftar, anda dapat mencetak nomor barcode yang unik untuk produk anda yang dapat dibedakan berdasarkan:

- Nama/Jenis Produk yang berbeda
- Ukuran/Berat kemasan yang berbeda
- Rasa/Aroma yang berbeda
- atau hal-hal lain yang dianggap berbeda sejauh relevan, misalnya warna

Umumnya perbedaan-perbedaan di atas juga akan menimbulkan perbedaan Harga.

Jadi, untuk produk dengan salah satu atau beberapa perbedaan di atas,  diperlukan nomor barcode yang berbeda. Mengidentifikasi produk sendiri adalah langkah pertama dalam mengaplikasikan barcode. Jika misalnya ada 1 (satu)  produk yang sama dengan 5 jenis/ukuran berbeda (yang kemungkinan besar harganya juga berbeda) berarti diperlukan 5 nomor barcode, ini untuk memudahkan pengidentifikasian pada saat produk masuk ke jalur distribusi atau retail (supply-chain).

Bayangkan anda adalah seorang kasir di toko swalayan. Untuk memunculkan harga barang di layar komputer kasir sehingga anda dapat menjumlah secara total barang belanjaan, anda perlu berhasil memindai (men-scan) nomor barcode yang tertera pada kemasaan produk, sehingga harga dan keterangan tentang item produk muncul di layar komputer kasir. Nah, nomor ini harus unik dan tidak boleh/tidak mungkin sama dengan nomor barcode produk lain. Itulah sebabnya sebabnya dunia retail dan swalayan di seluruh dunia  selalu mensyaratkan adanya nomor barcode yang sah dan unik untuk setiap barang yang masuk ke inventorinya.

Apakah Barcode “Menyimpan” Banyak Informasi Tentang Perusahaan dan Produk Saya?

Nomor Barcode sebenarnya tidak lebih seperti nomor pelat mobil atau kendaraan anda, atau bahkan sidik jari anda (tidak ada yang menyamai sidik jari anda).  Selain kode negara,  perusahaan, dan nomor urut produk  tidak ada hal lain yang bisa anda “baca” darinya.

Namun demikian, karena keunikan dan aplikasi luas barcode di seluruh dunia, ia menjadi berguna pada saat ia menjadi nomor identifikasi unik yang dikaitkan dengan tidak terbatas informasi tentang satu produk dalam sebuah database/inventori.

Kalau hanya unik dalam sebuah database lokal, tentu tidak perlu barcode resmi. Cukup membuat nomor barcode suka-suka menggunakan software-software bajakan yang banyak dijual di Glodok, atau menggunakan MS-Word misalnya. Ini mungkin memadai untuk keperluan internal, tapi tidak dalam konteks supply-chain management.

Dalam perdagangan modern, retail maupun logistik, hanya mampu membangun basis data inventorinya, dengan memulainya dengan nomor barcode, atau dia terancam menjadi tidak efektif atau bahkan malfungsi.

Sekali anda mendaftarkan barcode resmi untuk perusahaan dan produk anda, saat itu juga perusahaan anda masuk dalam sebuah database universal yang menjadikan perusahaan anda teridentifikasi sebagai salah satu perusahaan “yang dikenali” di lebih dari 100 negara di dunia.

Silahkan menghubungi kami , melihat rincian biaya atau mengisi formulir pendaftaran.

Be Sociable, Share!